Sabtu, 19 Agustus 2017

KERAJINAN DARI BAHAN LUNAK 

 

Pengertian Kerajinan Bahan Lunak

Kerajinan merupakan suatu karya seni yang didalam proses pembuatannya menggunakan keterampilan tangan manusia. Benda kerajinan termasuk dalam bagian karya seni rupa yang dibuat secara manual. Biasanya hasil dari suatu kerajinan dapat menghasilkan suatu hiasan cantik, benda dengan sentuhan seni tingkat tinggi, serta benda siap pakai.


Kerajinan yang dibuat dengan menggunakan berbagai bahan. Salah satu bahan kerajinan yang digunakan ialah bahan yang bersifat lunak.Kerajinan dari bahan lunak biasanya terbuat dari bahan-bahan yang mempunyai tekstur lunak baik secara alami maupun buatan.

  Jenis - Jenis Kerajinan Bahan Lunak

Bahan kerajinan tangan memiliki sifat tertentu yang mempengaruhi hasil dari kerajinan itu sendiri. Pada jenis kerajinan bahan lunak bahan baku yang dipakai lebih banyak memanfaatkan bahan-bahan dari alam seperti tanah liat dan kayu. Kerajinan dari bahan lunak dibagi menjadi dua bagian, yaitu yang bersifat alami dan yang bersifat buatan.

 Bahan Lunak Alami

Bahan lunak alami, yaitu bahan lunak yang didapat dari alam sekitar kita dengan cara pengolahan menjadi  kerajinan juga dilakukan secara alami. Dan dengan cara pengolahannya juga tidak dicampur dengan bahan buatan. Jenis kerajinan ini cenderung menggunakan bahan baku dengan tekstur lunak yang telah disediakan oleh alam serta pengolahannya dilakukan secara alami tidak dicampur dengan bahan buatan. Contohnya adalah kerajinan dari tanah liat, kerajinan dari serat alam dan kerajinan dari kulit, dan lain sebagainya. Berikut adalah contoh dari kerajinan bahan lunak alami.
  • Kerajinan Bahan Lunak Alami Tanah Liat 
  Tanah liat terbentuk melalui proses pelapukan kerak bumi dan memiliki karakteristik sulit menyerap air, mempunyai tekstur tanah lengket bila basah dan kuat menyatu dengan tanah lain.

Kerajinan yang dibuat dari bahan tanah liat biasa dikenal orang dengan kerajinan keramik. Kerajinan keramik merupakan karya kerajinan yang dibuat dari bahan baku tanah liat yang telah melalui berbagai proses sedemikian rupa (dipijit, butsir, pilin, pembakaran dan glasir) sehingga dapat menghasilkan barang atau benda pakai maupun benda hias yang indah. Contohnya adalah gerabah, keramik, vas bunga, guci, maupun piring.

 

  •  Kerajinan Bahan Lunak Alami Serat Alam
 Bahan serat alam bisa menghasilkan berbagai kerajinan tangan yang unik dan memiliki nilai tinggi. Serat alam yang dapat digunakan untuk membuat kerjanian dapat berasal dari pelepah pisang, dan enceng gondok. Teknik pembuatan kerajinan dari serat alam ini sebagian besar dibuat dengan cara dianyam.




  •  Kerajinan Bahan Lunak Alami Kulit

 Kerajinan kulit adalah kerajinan yang dibuat dari bahan baku kulit yang sudah di samak, kulit mentah atau kulit sintetis. Kulit ini dapat dihasilkan dari hewan seperti sapi, kerbau, kambing, maupun buaya. Kulit yang dihasilkan dari hewan seperti: sapi, kambing, kerbau, dan buaya dapat dijadikan sebagai bahan dasar kerajinan.
 Kerajinan kulit menggunakan bahan baku kulit yang sudah disamak lalu dibuat kerajinan seperti tas, sepatu, wayang, dompet, jaket kulit serta asesoris seperti gantungan kunci dll.










Bahan Lunak Buatan

Bahan lunak buatan, yaitu bahan yang digunakan untuk karya kerajinan yang diolah menjadi lunak. Berbagai karya kerajinan dari bahan buatan bisa dibuat berdasarkan bahan yang digunakan. Contoh bahan lunak buatan seperti bubur kertas, gips, lilin, fiberglass, sabun dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa kerajinan yang di buat dari bahan lunak buatan.

  

  •   Kerajinan Bahan Buatan Bubur Kertas   


 Kerajinan dari bubur kertas ini dapat dibuat dari sisa-sisa kertas yang sudah tidak terpakai seperti kertas Koran dan tisu. Kertas yang sudah tidak terpakai di buat bubur dan dicampur kanji untuk memudahkan pembentukan menjadi kerajinan. Sisa-sisa kertas dapat dimanfaatkan untuk beraneka ragam karya kerajinan. Salah satu  alternatif pemanfaatan sisa-sisa kertas adalah dibuat bubur kertas untuk bahan berkarya kerajinan.
Proses pembuatan bubur kertas dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini.
1. Siapkan kertas bekas, misalnya kertas tisu atau kertas koran. Robek atau gunting
    menjadi potongan-potongan kecil (lembut).
2. Masukkan potongan kertas ke dalam baskom atau ember plastik. Kemudian, siram dengan
    air hangat.
3. Masukkan 1 sendok teh garam. Garam bermanfaat untuk menghindarkan kertas menjadi busuk.
4. Potongan kertas yang telah direndam dan diberi garam ini didiamkan selama 1 - 2 hari
    hingga menjadi lunak.
5. Dua hari kemudian atau setelah kertas menjadi lunak dan hancur, saring menggunakan kain
    (dapat menggunakan kain lap yang pori-porinya besar). Keempat tepi kain disatukan dan
    plintir. hingga air akan terpisah dari ampasnya.

6. Buang air perasan kertas. Kemudian, masukkan kembali potongan kertas-kertas yang sudah
   diperas airnya ke dalam wadah dan remas-remas hingga hancur. Tambahkan sedikit air
    ketika meremasnya.
7. Buat larutan pasta dengan mencampur 2 sendok makan tepung kanji dengan air
    secukupnya. Apabila pasta terasa terlalu cair, penggunaan tepung kanji dapat ditambah.
  •  Kerajinan Bahan Lunak Buatan Sabun
Sabun adalah surfaktan yang dipakai dengan air untuk mencuci dan membersihkan. Surfaktan artinya molekul yang memiliki gugus polar yang suka-air (hidrofilik) dan gugus non-polar yang suka-minyak (lipofilik) sekaligus, sehingga dapat mempersatukan campuran yang terdiri dari minyak dan air. Umumnya sabun berupa padatan tercetak yang disebut batang, sehingga disebut sebagai sabun batangan.



  Sabun dapat diolah dengan dua cara, yaitu dengan cara mengukir sabun batangan secara langsung atau di olah terlebih dahulu dengan cara diparut hingga menjadi bubuk, dicampur dengan sagu dan sedikit air, lalu dibuat adonan baru seperti membuat bentuk dari plastisin. 
  •  Kerajinan Bahan Lunak Gips
Gips adalah bahan mineral yang tidak larut dengan air dalam waktu yang cukup lama jika sudah menjadi padat.Dalam proses pembuatannya, bahan-bahan tersebut harus dicairkan terlebih dahulu jika ingin bentuk. Proses pembuatannya juga dibantu dengan cetakan.Contohnya adalah hiasan dinding, mainan, dan lain sebagainya.

  • Kerajinan Bahan Lunak Buatan Lilin

Pembuatan kerajinan bahan dasar lilin cukup mudah dilakukan oleh semua orang. Ada 2 cara untuk membuatnya yaitu dengan cara mengukir lilin jadi secara langsung atau dengan cara mencairkannya terlebih dahulu.Kamu bisa langsung mengukir berbagai bentuk pada media lilin, selain itu lilin juga bisa dicairkan untuk membuat kerajinan dalam bentuk yang unik. Contohnya adalah bunga lilin, mobil-mobilan, dan lain sebagainya.




























Tidak ada komentar:

Posting Komentar